Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Fahmi Zikri Hermawan Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
  • Muhammad Aldien Fadlilah Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
  • Muhammad Sholihul Fikri Universitas Indraprasta Pgri Jakarta

Keywords:

parenting, students, motivation

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji faktor - faktor yang dapat mempengaruhi semangat belajar atau motivasi belajar pada siswa/i sekolah. Masalah peran pola asuh orang tua terhadap menurunnya motivasi belajar pada  siswa  X . Hal ini sudah menjadi fenomena yang tidak asing lagi di dalam dunia pendidikan. Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun luar untuk tetap belajar sehingga seseorang siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal berkat dorongan semangat atau motivasi belajar yang tinggi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan motivasi belajar siswa .(2)  Menganalisis pengaruh pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi melalui perekaman suara.  Berdasarkan temuan penting yang dilakukan peneliti, terdapat dua jenis pola asuh yaitu pola asuh otoriter yang ditandai dengan pola asuh yang lebih mementingkan keinginan orang tua. Pola asuh ini menekankan pada pembatasan pada anak yang dapat menyebabkan anak merasa terbebani dengan tekanan yang diberikan oleh orang tua tentu hal ini akan mempengaruhi motivasi belajar dari anak. Kemudian ada juga pola asuh demokratis yang ditandai dengan pola asuh yang mendidik dan memberikan kebebasan kepada anak untuk mengungkapkan pendapatnya  tentu hal ini mampu  meningkatkan motivasi belajar pada anak. Saran bagi peneliti selanjutnya sampel penelitian lebih di perbesar dan menambahkan teori  

Kata Kunci: Pola asuh, Siswa, Motivasi

References

Fan W., &. W. (2010 ). The effects of parental involvement on students academic self-efficacy, engagement and intrinsic motivation. educational pyschology .

Fitri, N. S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pemikiran keislaman dan kemanusiaan , 1 - 16 .

Hapsari, N. (2022). Pengaruh bimbingan orang tua terhadap tanggung jawab belajar sekolah dasar. Jurnal Ilmu pendidikan .

Komsi, D. N. (2018). kontribusi pola asuh orang tua demokrasi, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa . psychology, evaluation, and technology in educational research .

Marisa, c. (2018). hubungan pola asuh orang tua dengan belajar remaja . Jurnal konseling dan pendidikan .

Masni, H. (2017). pola asuh demokratis orang tua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal ilmiah dikdaya .

maunah, S. (2021). pola asuh orang tua tehadap pendidkan agama anak di desa hampalit, katingan hilir, katingan. jurnal sosial dan sains .

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 128-137.

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1104-1111.

IRWAN, I. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Balangnipa (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI).

Usmawati, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN Model Terpadu Bojonegoro. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 59-72.

Fadillah, T. N. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, 252.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial . Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri

Rubiana, E. P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis . Jurnal Pendidikan Biologi, 13.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Fahmi Zikri Hermawan, Muhammad Aldien Fadlilah, & Muhammad Sholihul Fikri. (2024). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 98–105. Retrieved from https://journalwbl.com/index.php/jupensal/article/view/162

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.