Implementasi Teknologi Terhadap Pembelajaran Ekonomi Di Era Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Di Indonesia

Authors

  • Mellynia Rahma Putri Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta Pgri
  • A’isy Shahieza Nur Rahman Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta Pgri

Keywords:

implementasi teknologi, pembelajaran, era digital

Abstract

Pembelajaran ekonomi di Indonesia menghadapi tantangan dalam mengikuti perkembangan teknologi di era digital. Implementasi teknologi dalam pembelajaran menjadi krusial untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan ekonomi di masa depan. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang pengaruh implementasi teknologi terhadap pembelajaran ekonomi di era digital sangat penting untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi dalam dunia pendidikan. Studi literatur digunakan sebagai metode penelitian untuk menyelidiki berbagai penelitian dan kajian terkait implementasi teknologi dalam pembelajaran ekonomi. Data dari artikel, buku, dan publikasi lainnya yang relevan dengan topik ini dianalisis untuk menyusun pemahaman yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran ekonomi di Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterampilan siswa dalam menghadapi tantangan ekonomi masa depan. Namun, tantangan infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia, dan keamanan data perlu segera diatasi untuk memaksimalkan manfaatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran ekonomi. Penulis menilai diperlukan investasi infrastruktur teknologi pendidikan di seluruh Indonesia dan pelatihan guru untuk meningkatkan implementasi teknologi dalam pembelajaran ekonomi dan kesadaran akan relevansinya dengan dunia nyata.

 

Kata Kunci:  Implementasi Teknologi, Pembelajaran, Era Digital

References

Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Istighna.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Online Universitas PGRI Palembang.

Alimuddin, A., Juntak, J. N., Jusnita, R. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education.

Bungawati. (2022, Nopember 02). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. E-JOURNAL Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Hidriani, A. U. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. International Journal Sadida , 187.

Khomarudin, & Na'imah. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi dan Masyarakat. EDUEKSOS: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi.

Khotimah, H., Astuti , E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi (Permasalahan dan Tantangan). Jurnal Online Universitas PGRI Palembang.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma'shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru.

Mesra, R., Pratiwi, D., Handayani, R., Wiguna, I. A., Suyitno, M., Sampe, F., . . . Aina, M. (2023). Teknologi Pendidikan. Serang-Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA.

Miagusttin, A. P., Syakori, K. R., Nurhangesti, M., Septiani, R., Alifiya, S. N., & Ningrum, T. S. (2019). Penerapan Teknologi Dalam Pembelajaran: Menghadapi Era Digital di Abad ke-21. Academia.

Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education.

Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida, 187.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Jurnal Online Universitas PGRI Palembang.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Persoektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Mellynia Rahma Putri, & A’isy Shahieza Nur Rahman. (2024). Implementasi Teknologi Terhadap Pembelajaran Ekonomi Di Era Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Di Indonesia . JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 347–355. Retrieved from https://journalwbl.com/index.php/jupensal/article/view/236

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.