Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Komunikasi Masyarakat Multilingual Di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’mur Solear Tangerang

Authors

  • Reza Nurfadhlillah Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
  • Nur Yudha Prasetyo Universitas Indraprasta Pgri Jakarta
  • Dede Juleha Universitas Indraprasta Pgri Jakarta

Keywords:

alih kode, campur kode, masyarakat multilingual

Abstract

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan wujud alih kode dan campur kode serta faktor terjadinya alih kode dan campur kode dalam komunikasi masyarakat multilingual di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’mur Solear Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak beserta teknik lanjutannya yaitu teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teoritis. Hasil penelitian diketahui bahwa pada percakapan di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’mur Solear Tangerang terjadi peristiwa alih kode internal 4 data dan alih kode eksternal 10 data. Peristiwa campur kode dalam unsur kebahasaan yang terjadi yaitu campur kode penyisipan unsur berwujud kata sebanyak 19 data, frasa sebanyak 6 data, baster sebanyak 1 data, perulangan kata sebanyak 6 data, ungkapan/idiom sebanyak 3 data, dan klausa sebanyak 4 data. Faktor penyebab alih kode adalah 1) Pembicara dan penutur, 2) Pendengar dan lawan tutur, 3) Perubahan situasi dengan hadirnya orang ketiga, 4) Perubahan dari formal ke informal atau sebaliknya 5) Perubahan topik pembicaraan, sedangkan faktor penyebab campur kode adalah 1) Identifikasi peranan sosial, 2) Keterbiasaan penutur, 3) Keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tingkat menengah atas kelas XI.

 

 

Kata Kunci :

Alih Kode, Campur Kode, Masyarakat Multilingual.

 

 

References

Achmad, dan Abdullah, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Agustinuraida, I. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia. 1(2) hlm. 65-75.

Bin-Tahir, S., Z. (2015) Multilingual Behavior of Pesantren Immim Students in Makassar. Asian EFL Journal. Issue 86, hlm. 45-64.

Bin-Tahir, S., Z. (2015) Multilingual Education in Pesantren Context. Yogyakarta: Depublish.

Chaer, A. dan Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. dan Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrayani, N. (2017). Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Proses Pembelajaran di SMPN Ubung Pulau Buru. Jurnal Totobuang. 5(2) hlm. 299-314.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Ningtyas, N., Y. (2019). Analisis Alih Kode, Campur Kode dan Interferensi dalam Percakapan Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Al Manshur Popongan Klaten. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.

Normalita, A. dan Oktavia, W. (2019). Komunikasi Multilinguaal pada Komunitas Santri Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam di Kartasura. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1) hlm. 24-31.

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Skutnabb-Kangas, T. dan McCarty, T., L. (2010). Key Concepts in Bilingual Education: Ideological, Historical, Epistemological, and Empirical Foundations. dalam: Bilingual Education. 2nd penyunt. New York: Springer hlm 3-17.

Sripurwandari, Y., H. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Kranggan. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarsono. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I., D., P. (2019). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Reza Nurfadhlillah, Nur Yudha Prasetyo, & Dede Juleha. (2024). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Komunikasi Masyarakat Multilingual Di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’mur Solear Tangerang. JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 67–79. Retrieved from https://journalwbl.com/index.php/jupensal/article/view/156

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.