Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial pada Novel Dago Setelah Hujan Karya Skyshpire

Authors

  • Hendri Kustian Akademi Maritim Pembangunan Jakarta
  • Galih Suci Lestari SMPIT Mentari Ilmu
  • Fajar Parantika SMA Future Gate

Keywords:

analisis nilai moral, analisis nilai sosial, karakter

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial pada Novel Dago Setelah Hujan Karya Skyshpire" yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai moral serta nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut. Novel "Dago Setelah Hujan" karya Skyshpire dipilih sebagai objek penelitian karena dianggap memiliki pesan moral dan sosial yang kuat dan relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data diperoleh melalui teknik membaca intensif, pencatatan, dan analisis isi teks novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini mengandung berbagai nilai moral seperti kejujuran, kebaikan hati, kepedulian, pantang menyerah dan tanggung jawab, serta nilai sosial seperti tolong menolong, dan kasih sayang. Nilai-nilai tersebut diidentifikasi melalui karakterisasi tokoh, alur cerita, dan konflik yang dikembangkan dalam novel. Penelitian ini menyimpulkan bahwa "Dago Setelah Hujan" tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan moral dan sosial jaman sekarang yang bermanfaat bagi pembaca dalam menghadapi berbagai permasalahan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada kehidupan sehari-hari bahwa setiap tindakan yang kita lakukan memiliki timbal balik dan setiap badai masalah pasti akan indah pada waktunya. Saran yang diharapkan bahwa seharusnya pengembangan nilai moral dan nilai sosial dapat diterapkan dalam kehidupan, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan namun tanggung jawab dari setiap kesalahan itu harus diperbaiki.

 

  Kata Kunci:  Analisis Nilai Moral, Analisis Nilai Sosial, Karakter

 

References

Bahtiar dkk. 2017. Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Emzir dan Rohman, Saifur. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Ugm Press

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkjian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University press

Nurhayati. 2019. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish

Sauri, S. 2020. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Hujan Karya Tere Liye sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa pada Mahasiswa Program Studi DIKSATRASIADA Universitas Mathla’ul Anwar. Banten. Jurnal Literasi, Volume 4(Nomor 1), 38–45.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suseno, F. M. 2019. Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: PT Kanisius.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hendri Kustian, Galih Suci Lestari, & Fajar Parantika. (2024). Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial pada Novel Dago Setelah Hujan Karya Skyshpire. JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 408–419. Retrieved from https://journalwbl.com/index.php/jupensal/article/view/280

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.